Keuntungan Bisnis Gym yang perlu Diketahui

Posted on September 1, 2023

Created by: Kaka Karsana

...

Pentingnya Gym dalam Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda

Bisnis gym merupakan salah satu jenis bisnis yang kini sedang berkembang pesat di Indonesia. Bisnis ini menyediakan jasa fasilitas olahraga yang dapat digunakan oleh customer atau anggotanya yang memiliki berbagai tujuan. Bisa untuk sekedar menjaga kebugaran dan kesehatan, atau malah untuk membentuk tubuh menjadi lebih atletik. Gym menyediakan berbagai peralatan olahraga mulai dari treadmill, alat kardio hingga alat angkat beban.

Dalam industri bisnis yang semakin kompetitif saat ini, bisnis gym ini tetap membawa keuntungan, loh. Artikel ini akan menjelaskan tentang beberapa keuntungan bisnis gym yang perlu anda ketahui. Terutama setelah pandemi berakhir, masyarakat semakin sadar terhadap pentingnya kesehatan; hal ini mendorong semakin tingginya minat masyarakat untuk mencari fasilitas penyedia jasa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mereka. Dapat dilihat bahwa dengan strategi yang tepat, bisnis gym ini akan tetap relevan dalam persaingan industri saat ini dan membawa keuntungan.

Mengapa Gym menjadi Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Berakhirnya Pandemi COVID-19 tahun ini menjadi salah satu penanda bisnis gym akan mulai kembali bangkit setelah sempat sepi pada masa pandemi. Semakin meningkatnya masyarakat terhadap kesehatan pribadi, menjadi salah satu faktor pendorong mengapa gym menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas satu per satu alasan mengapa bisnis gym menguntungkan.

Kesadaran Masyarakat akan Kesehatan

Pada awalnya, gym atau fitness center cenderung dikaitkan dengan gaya hidup mewah oleh masyarakat. Tak banyak yang tertarik untuk berkunjung dan anggotanya pun sulit untuk bertambah. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan didukung perkembangan teknologi yang mempercepat arus informasi untuk masuk, semakin tumbuh pula kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan pribadi. Olahraga rutin kini menjadi salah satu cara bagi masyarakat untuk menghindari masalah kesehatan seperti obesitas yang kini marak terjadi. Pun peningkatan kualitas hidup menjadi salah satu tujuan. Menurut riset yang dilakukan oleh McKinsey Health Institute pada tahun 2022 menyatakan bahwa masyarakat mengakui bahwa dengan kesehatan dan kebugaran yang baik, mereka dapat menjalani hidup yang lebih produktif, bermakna dan cukup memuaskan.

Tak hanya untuk menjaga kesehatan, tuntutan sosial untuk menjaga penampilan dan mengikuti beauty standard juga menjadi salah satu penggerak masyarakat mengunjungi gym yang memiliki fasilitas lengkap untuk membantu mereka menjaga citra tubuhnya. Terutama bagi masyarakat yang sedang berada di usia produktif dan terjun di dunia kerja, tentunya mereka memiliki image atau citra yang ingin dijaga. Dan tidak salah juga, sebagian besar anggota dari bisnis gym yang tersebar di Indonesia ini adalah masyarakat berusia produktif.

Tren Fitness Terkini

Memperbaiki pola hidup sehat dengan berolahraga atau sekadar menurunkan berat badan tentu menjadi salah satu resolusi tahun baru yang ada di benak sebagian orang. Biasanya, di awal tahun pusat-pusat kebugaran dibanjiri oleh orang-orang yang ingin mewujudkan resolusi ini. Hal ini tak lepas dari tren fitness terkini yang banyak di contohkan oleh banyak influencer baik dari dalam maupun luar negeri.

Dengan peralatan olahraga yang terkini, para fitness influencer membaca tren-tren terbaru yang kemudian menjadi viral. Sedangkan bagi penonton yang ingin mengikuti namun tak memiliki fasilitas yang mumpuni, makan menuju gym adalah pilihan paling mudahnya. Bagaimana tidak, gym telah menyediakan fasilitas olahraga yang lengkap; dari peralatan paling dasar hingga yang terbaru. Maka dari itu, penting juga bagi pelaku bisnis gym untuk terus memantau tren fitness terkini agar dapat menarik lebih banyak anggota bagi tempat bisnisnya.

Langkah-langkah Memulai Bisnis Gym yang Sukses

Sebelum memulai bisnis gym yang menguntungkan, tentu perlu persiapan yang matang. Mulai dari tahap perencanaan hingga nanti tahap pemasaran. Tentunya butuh waktu yang tidak singkat dan usaha yang tidak sedikit. Yuk ketahui lebih lanjut tentang langkah-langkah memulai bisnis gym yang sukses.

1. Penentuan Konsep dan Target Pasar

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis gym anda adalah dengan menentukan konsep dan target pasar. Menentukan konsep gym ini akan membantu anda membentuk identitas usaha anda; jika sudah memiliki konsep yang jelas, anda akan lebih mudah menentukan target pasar, layanan apa yang akan disediakan, fasilitas apa saja yang diperlukan hingga proses marketing yang nantinya akan dilakukan. Berikut adalah beberapa contoh konsep bisnis gym yang ada saat ini dan target pasarnya:

  • Umum: menyediakan fasilitas lengkap untuk berbagai jenis dan tingkatan fitness yang dibutuhkan oleh anggotanya. Terbuka untuk umum; baik pria maupun wanita dari berbagai umur dan kalangan mulai dari pemula. Tidak memiliki spesialisasi tertentu.
  • Kelas Khusus: menyediakan fasilitas dan kelas khusus sesuai dengan spesialisasinya masing-masing. Contohnya seperti gym khusus wanita, studio yoga, zumba, pilates, dan HIIT (high intensity interval training). Sesuai dengan spesialisasinya, ada target pasar masing-masing pula. Kelas yoga, pilates dan zumba cenderung menargetkan pasar wanita. Sedangkan kelas HIIT biasanya diperuntukkan bagi penggemar olahraga.
  • Gym Eksklusif: diperuntukkan bagi golongan kelas atas. Fasilitas yang disediakan tentu harus yang terbaru dan berkualitas tinggi; biasanya disediakan juga personal trainer khusus dan menyediakan berbagai kenyamanan lain bagi anggotanya.

Setelah menentukan konsep yang tepat, baru anda dapat menentukan target pasar. Tiap konsep memiliki target pasar utama yang perlu dijangkau. Dengan menentukan keduanya, akan memudahkan anda dalam membangun bisnis gym anda kedepannya,

2. Lokasi dan Fasilitas yang Strategis

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pemilihan lokasi yang strategis untuk bisnis gym anda nantinya. Pemilihan lokasi ini sangat penting dan akan mempengaruhi jalannya bisnis anda di masa mendatang. Misalkan anda membuat gym yang dikhususkan bagi kalangan kelas atas, maka anda perlu memilih lokasi yang nyaman, aman dan mudah diakses oleh target pasar anda.

Beberapa faktor ini perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi bisnis gym yang strategis:

  • Aksesibilitas; pemilihan lokasi bisnis anda perlu bisa diakses dengan mudah oleh target pasar anda atau konsumen potensial lainnya.
  • Demografi dan Jumlah Penduduk yang berada di sekitar tempat anda membangun bisnis juga perlu diperhatikan. Tergantung pada konsep dan target pasar, anda dapat memilih lokasi di tempat yang padat penduduk atau malah sepi penduduk.
  • Rival Bisnis; ketika memilih lokasi untuk membangun gym anda, sebelumnya anda juga perlu mempertimbangkan tentang saingan anda yang menjalankan bisnis yang sama. Jika ada, bagaimana anda dapat membangun identitas usaha yang bisa membedakan anda dari yang lain.
  • Biaya Operasional; entah anda akan menyewa tempat atau malah membangun tempat usaha baru, biaya yang diperlukan perlu dihitung dengan teliti agar ketika menjalankan bisnis anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup dari usaha anda.
  • Fasilitas dan Infrastruktur Lokasi; dalam memilih lokasi, anda juga perlu memperhatikan fasilitas jalan yang ada, listrik, air dan juga koneksi internet yang baik untuk menunjang keberlangsungan usaha anda.
  • Potensi Pertumbuhan Bisnis; jika memungkinkan, pilihlah lokasi yang memungkinkan bisnis anda untuk tumbuh menjadi lebih besar.
  • Keamanan; tentunya anda perlu memilih lokasi yang aman bagi anggota. Tempat yang aman dan minim tindak kejahatan tentu menjadi salah satu faktor pemilihan gym bagi calon anggota anda.
  • Regulasi Pemerintah; anda perlu memeriksa regulasi yang berlaku di lokasi yang anda pilih. Pastikan juga tentang perizinan, pajak dan aturan lainnya.

Memilih lokasi yang strategis bagi bisnis anda memang tidak mudah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan orang yang sudah ahli dibidangnya untuk menentukan pilihan anda. Karena lokasi yang strategis akan membawa keuntungan dalam menjalankan bisnis gym anda.

3. Pemasaran dan Branding

Setelah menentukan konsep, target pasar dan memilih lokasi, tiba saatnya bagi calon pemilik bisnis gym untuk menentukan strategi pemasaran dan branding bagi usahanya. Memiliki strategi pemasaran yang baik akan menjadi salah satu pondasi kesuksesan bisnis gym yang anda miliki. Dengan strategi pemasaran yang efektif, bisnis gym yang menguntungkan akan tercapai.

Di era yang serba digital ini, strategi pemasaran yang digunakan juga mengalami digitalisasi. Pemilik bisnis kini dapat menggunakan berbagai platform digital untuk meningkatkan visibilitas bisnis yang dimiliki. Karena saat ini masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya dalam jaringan untuk menggali berbagai informasi yang diinginkan, maka pebisnis juga dituntut untuk menyesuaikan strategi pemasarannya agar dapat menjangkau target pasar yang diinginkan dan khalayak lebih luas. Berikut adalah beberapa contoh strategi pemasaran digital yang dapat anda coba:

  1. Menyediakan website profesional yang menyediakan informasi lengkap tentang bisnis anda.
  2. Menerapkan SEO (Search Engine Optimization) pada website anda dengan kata kunci relevan dan konten yang berkualitas untuk menaikkan peringkat website bisnis anda di pencarian google.
  3. Memanfaatkan media sosial yang ada seperti Twitter, TikTok dan Instagram untuk membuat konten yang menarik, informatif dan relevan dengan bisnis gym anda.
  4. Melakukan kolaborasi dengan influencer yang sesuai dengan branding serta konsep bisnis anda.

Selain menentukan strategi pemasaran yang tepat, anda juga perlu membuat branding untuk bisnis gym yang akan anda bangun. Yang dimaksud dengan branding adalah proses menciptakan identitas bagi usaha anda. Dalam bentuk logo, nama, slogan, colour scheme, nilai serta visi misi dan budaya dari usaha anda. Branding yang kuat dapat meninggalkan kesan yang kuat bagi khalayak; baik itu calon pelanggan atau sekedar pemerhati. Semakin melekat branding anda dalam pikiran calon konsumen, maka kesempatan bisnis anda tumbuh pun akan semakin tinggi.

4. Manajemen dan Keuangan

Dalam bisnis apapun, manajemen yang tepat menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Begitu juga ketika anda hendak membangun sebuah bisnis gym, salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan adalah tim dan sistem manajemen yang baik. Sistem manajemen yang efektif akan mendukung kelancaran operasional dan produktivitas bisnis anda. Manajemen yang efektif mencakup manajemen sumber daya, manajemen tenaga kerja hingga sistem pelayanan pelanggan. Tujuan ditetapkannya manajemen yang baik adalah untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi miscommunication antar anggota tim, meningkatkan inovasi, meningkatkan layanan pelanggan dan meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan.

Selain manajemen, perlu juga dibuat sistem pengelolaan keuangan untuk membuat bisnis gym anda terus berkelanjutan. Beberapa manfaat sistem pengelolaan keuangan yaitu:

  • Lebih mudah mengendalikan keuangan dengan adanya catatan yang jelas tentang arus modal, pengeluaran hingga penerimaan bisnis.
  • Adanya sistem yang jelas dalam mengelola keuangan akan memudahkan pengambil keputusan untuk membuat keputusan finansial.
  • Sistem pengelolaan keuangan juga akan membantu anda mengamankan dana perusahaan, menghindarkan adanya penyelewengan dana dan mempermudah penghitungan keuntungan.
  • Investor juga akan lebih percaya jika arus dana di tempat bisnis yang didukung sudah tersusun secara sistematis dan mudah dimengerti.

Memberikan Pengalaman Pelanggan yang Unggul

Setelah mempersiapkan sarana dan sistem bisnis gym anda, saatnya untuk mulai memikirkan tim, program latihan dan fasilitas yang ada di gym nantinya. Hal ini akan langsung berhubungan dengan bagaimana anda bisa memberikan pengalaman pelayanan yang unggul dan memastikan anggota gym merasa nyaman dan tidak kapok untuk kembali lagi.

1. Pelatih dan Staf yang Profesional

Memiliki pelatih dan staff yang profesional merupakan hal yang cukup vital dalam bisnis gym karena kedua komponen inilah yang berhubungan langsung dengan konsumen. Untuk meningkatkan kualitas layanan, memberikan pengalaman yang baik dan memuaskan dibutuhkan pelatih dan staff yang berkualitas. Selain itu, dengan pelatih yang kompeten, maka keselamatan dan efektivitas anggota gym akan lebih terjaga. Pelatih dan staff yang baik juga akan membantu brand anda untuk meningkatkan reputasinya di industri. Dimulai dari resepsionis yang ramah, administrasi yang efisien dan sistematis, marketing yang inovatif hingga pelatih yang kompeten akan masing-masing menambah poin gym.

Maka dari itu, penting bagi anda sebagai pemilik bisnis gym untuk menyediakan program pengembangan diri bagi staff dan pelatih yang tergabung dalam tim anda. Selain meningkatkan produktivitas dan efektivitas sumber daya anda, program khusus bagi staff akan meningkatkan bonding dan keterikatan staff anda dengan perusahaan. Staff dan pelatih berperan penting dalam memberikan layanan yang berkualitas, membangun hubungan dengan pelanggan, dan menjaga reputasi bisnis Anda. Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan dan perekrutan staf yang terlatih dan berkualitas sangatlah berharga untuk keberhasilan bisnis Anda.

2. Program Latihan yang Efektif

Setelah memiliki konsep, target pasar, dan pelatih yang profesional, anda juga perlu menentukan program apa saja yang disediakan oleh gym. Tergantung dengan konsep gym yang anda miliki, maka program pelatihan yang dibuat pun akan bervariasi. Seperti pada gym dengan konsep studio yoga, maka program yang dibuat akan berbeda dengan gym yang dibuat untuk umum.

Program latihan yang efektif biasanya dibuat dan dibagi menjadi beberapa tingkatan sesuai dengan level anggota yang akan berlatih. Mulai dari program untuk pemula hingga program untuk anggota yang sudah biasa berolahraga, programnya akan disesuaikan. Selain itu ada juga anggota yang memiliki target khusus ketika datang ke gym, misalnya yaitu untuk program penurunan berat badan; maka penting untuk disediakan pilihan program yang variatif agar dapat memenuhi kebutuhan anggota gym.

3. Fasilitas dan Perangkat Modern

Faktor lain yang seringkali menarik bagi calon anggota untuk datang ke bisnis gym anda adalah adanya fasilitas dan perangkat yang modern. Maka, sebagai pemilik bisnis, anda perlu mengadakan dan mempersiapkan fasilitas apa saja yang kiranya diperlukan oleh anggota. Berikut ini adalah beberapa fasilitas dan perangkat modern yang biasanya tersedia di gym:

  • Area kebugaran biasanya berisi perangkat fitness seperti treadmill, sepeda statis, stepper sebagai tempat anggota melakukan latihan kardio.
  • Area beban dilengkapi dengan berbagai peralatan latihan beban seperti barbel, dumbbell, dan mesin beban lainnya.
  • Area fungsional contohnya berisi bangku latihan, kettlebell dan TRX.
  • Area relaksasi diperuntukkan bagi anggota untuk mengistirahatkan tubuh mereka, biasanya terpisah dengan locker room dan area shower untuk penyimpanan barang anggota dan tempat bersih diri setelah olahraga.
  • Area lounge yaitu tempat bagi anggota untuk bersantap seusai latihan, tidak semua gym menyediakan fasilitas ini, namun akan menarik bagi anggota jika ada.

Keberadaan fasilitas dan perangkat yang lebih modern, selain menarik anggota juga untuk meningkatkan efektivitas program latihan yang anda buat. Dengan perangkat yang modern tentunya akurasi dalam pengukuran progress anggota akan menjadi lebih tepat. Maka, akan menjadi penting bagi bisnis anda untuk juga menyiapkan program perawatan dan pemeliharaan fasilitas dan peralatan yang dimiliki secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan peralatan dan juga menghindari resiko malfungsi peralatan yang dapat membawa akibat buruk bagi pengguna peralatan.

Mengatasi Tantangan dalam Bisnis Gym

Membangun bisnis gym, seperti jenis usaha lain di industri saat ini tidak akan lepas dari berbagai tantangan yang ada. Seperti adanya persaingan dengan industri yang sama, adanya perubahan kebutuhan pelanggan hingga hal yang tidak terduga seperti pandemi yang terjadi beberapa tahun lalu. Sebagai pemilik bisnis, kita perlu memperhitungkan tantangan yang mungkin dihadapi dan juga langkah apa saja yang perlu disiapkan untuk menghadapi tantangan dalam bisnis gym.

Persaingan di Industri Gym

Industri gym merupakan salah satu jenis industri yang memiliki persaingan cukup kompetitif dengan banyaknya pesaing yang tersebar di berbagai lokasi. Dengan semakin naiknya kebutuhan dan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dan pentingnya menjaga kesehatan, semakin naik pula potensi bisnis gym. Dengan persaingan di industri gym, sebagai pelaku usaha, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

  • Membuat branding yang unik, dengan identitas dan konsep yang unik, anda dapat membedakan gym anda dengan lainnya. Selain mudah diingat, tentu akan menarik masyarakat untuk mengenal lebih jauh.
  • Layanan dan Program yang beragam juga dapat membedakan anda dengan tempat lain.
  • Harga dan Promosi yang sesekali dilakukan bisa menjadi salah satu cara untuk menarik minat masyarakat mencoba fasilitas yang disediakan gym, dibarengi dengan pelayanan yang baik, makan pengalaman pelanggan akan lebih memuaskan.

Untuk mengatasi persaingan yang terjadi di industri gym, perlu bagi anda untuk menciptakan identitas yang unik agar lebih melekat diingatan masyarakat.

Perubahan Tren dan Kebutuhan Pelanggan

Seperti pula industri lainnya, berbagai tren dan kebutuhan pelanggan gym pun akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Lalu bagaimana mengatasi tantangan ini? Yang pertama, tentunya adalah dengan selalu berinovasi. Terus perhatikan perubahan tren yang ada, lakukan pembaruan teknologi dan juga sesuaikan kebutuhan pelanggan yang terus berubah. Kedua, pemilik usaha perlu meningkatkan kualitas pelayanan dengan menyediakan program pengembangan diri bagi karyawannya.

Dan yang paling penting adalah menjadi pemilik yang fleksibel. Fleksibilitas dalam bisnis gym sangat penting agar dapat berinovasi dan mengembangkan bisnis anda. Menjadi fleksibel terhadap perubahan akan menyiapkan diri anda terhadap perubahan tren dan kebutuhan pelanggan yang terus terjadi. Dengan begitu, bisnis anda akan terus berjalan dan tidak tergerus perubahan tren dan kebutuhan.

Kesimpulan

Bisnis gym merupakan salah satu industri yang saat ini terus mengalami perkembangan. Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan dan menjaga tubuh tetap aktif, semakin meningkat pula permintaan masyarakat terhadap fasilitas olahraga. Gym menyediakan berbagai macam fasilitas yang dibutuhkan, juga menjadi tempat komunitas kecil yang bisa saling mendukung untuk hidup sehat dan bugar.

Meskipun begitu, bisnis gym tidak terlepas dari berbagai tantangan yang ada di dalam industri. Untuk mengatasi tantangan ini dan memiliki bisnis gym yang berhasil, pemilik bisnis perlu memiliki pikiran yang fleksibel dan tidak takut terhadap perubahan. Dibarengi dengan fasilitas lengkap, staff dan pelatih yang kompeten serta branding dan marketing yang menarik, bisnis gym anda akan menjadi bisnis yang menguntungkan.

Setelah mengetahui keuntungan bisnis gym dan langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk membangun bisnis gym yang menguntungkan, pertimbangkan kembali tentang usaha apa yang ingin anda lakukan. Jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan orang yang sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnis gym yang menguntungkan sebelum benar-benar memulai usaha anda.

Related Article


...
Bangun Tubuh Ideal Anda

Kaka Karsana

July 12, 2023