Eksplorasi Fitur Aplikasi Pengelolaan Fitness Center

Posted on October 9, 2023

Created by: Kaka Karsana

...

Dengan semakin terdigitalisasinya lingkungan kita saat ini, penggunaan aplikasi untuk bisnis juga semakin marak pula digunakan. Mulai dari aplikasi untuk memesan ojek, belanja, hingga absensi karyawan sudah disediakan oleh berbagai vendor. Tak ketinggalan, kini Fitness Center juga menyediakan aplikasi khusus untuk digunakan oleh anggotanya.

Untuk apa sih aplikasi ini di fitness center? Tentunya utamanya untuk pengelolaan kegiatan anggota gym menjadi lebih mudah dan efisien. Lalu fitur apa saja yang ada dalam aplikasi ini? Yuk kita eksplorasi fitur aplikasi pengelolaan fitness center yang umum ada!

Fitur Utama Aplikasi

fitur utama aplikasi posgym

Pendaftaran dan Profil Anggota

pendaftaran app posgym

Ketika kita membuka sebuah aplikasi untuk pertama kalinya, biasanya akan dihadapkan dengan laman pendaftaran. Anda perlu menuliskan data anda sesuai dengan yang dibutuhkan oleh aplikasi seperti email, password, nama lengkap dan basic profile lainnya. Setelahnya anda mungkin akan diminta untuk mengkonfirmasi email atau nomor ponsel yang anda daftarkan sebagai alternatif jika kehilangan akses terhadap akun anda.

Setelahnya anda akan memasuki profil anggota dimana anda bisa mengganti atau menambahkan informasi pribadi anda dalam aplikasi. Biasanya juga anda diminta untuk menentukan paket keanggotaan fitness center yang akan/sudah anda pilih. Anda juga dapat mengakses keanggotaan yang anda miliki.

Jadwal Kelas dan Pengingat

jadwal kelas di posgym app

Fitur lain yang ada di aplikasi ini, yaitu fitur pemilihan kelas latihan, jadwal kelas latihan dan juga pengingat kelas. Anda sebagai pengguna akan lebih mudah memesan jadwal kelas yang anda minati secara online dan akan diingatkan ketika saatnya tiba.

Selain itu, anda juga dapat melihat detail kelas dengan lebih lengkap. Seperti kapan waktu latihan, berapa lama durasi latihan, siapa yang melatih dll. Jadwal akan dibagi menjadi jadwal rutin yang sudah anda pilih dalam paket keanggotaan anda dan kelas khusus yang anda pilih sebagai tambahan.

Ada juga halaman khusus untuk melihat profil personal trainer dan memesan kelas yang ingin diikuti bersama personal trainer tersebut. Anda bebas menentukan pelatih mana yang anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan pribadi dan preferensi anda sendiri setelah melihat profil lengkap serta jadwal ketersediaannya.

Monitoring Progress

monitoring progress latihan di posgym app

Pada bagian awal, anda akan diminta untuk memasukkan data BMI (Body Mass Index) anda seperti berat badan, tinggi badan, dll. Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan target latihan anda, utamanya untuk yang ingin menurutkan berat badan. Selain itu juga mungkin untuk memasukkan target berapa jumlah kalori yang ingin diturunkan, berapa lama latihan yang ingin dicapai, dll.

Tersedia juga fitur check in yang dapat anda masukkan ketika tiba di gym dan check out setelah menyelesaikan olahraga anda untuk memantau progress latihan anda. Fitur summary juga dapat anda gunakan untuk memantau progress, dimana bukan hanya anda yang dapat mengisikan secara manual, tetapi juga dapat dipantau oleh pelatih anda. Dengan fitur ini pengguna dapat memantau progress latihannya sendiri dan memeriksa sejauh mana perjalanan menuju milestone yang sudah ditentukan di awal.

Konten Edukasi dan Konsultasi

Aplikasi ini juga menyediakan fitur semacam blog yang merilis konten-konten edukatif bagi penggunanya. Jadi, tak hanya berguna untuk memantau progress anda untuk berolahraga, tetapi juga dapat menjadi sarana anda menambah ilmu seputar kesehatan, kebugaran dan gym.

Disediakan juga fitur konsultasi dimana anggota dapat menghubungi pelatih atau ahli gizi yang bekerja sama dengan fitness center. Konsultasi ini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi, sehingga ketika anggota membutuhkan konsultasi sewaktu-waktu dapat dilakukan. Tanpa terbatas ruang dan waktu, anda menjadi lebih mudah menyelesaikan hal-hal yang membingungkan dengan jawaban dari ahli.

Merchandise Store dan Interaksi Sosial

Untuk Aplikasi milik POSGYM sendiri disediakan fitur merchandise. Dimana pengguna dapat membeli beberapa produk merchandise dari fitness center seperti kaos, topi, celana dll. Selain sebagai souvenir, dapat juga dibeli jika sedang ada kebutuhan mendadak di gym.

Tak hanya itu, aplikasi POSGYM juga menyediakan fitur Who’s on Gym dimana pengguna dapat mengetahui siapa saja yang sedang berada di gym. Hal ini memungkinkan terjadinya interaksi sosial antar anggota dan memudahkan komunikasi bagi yang ingin menambah teman seperjuangan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pengelolaan Fitness Center

Tidak semua fitness center memiliki aplikasinya sendiri untuk digunakan oleh anggota gym. Namun ada beberapa keuntungan yang didapatkan oleh anggota yang menggunakan aplikasi ini. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut.

  • Kenyamanan Anggota dan Kemudahan Akses. Aplikasi fitness center memungkinkan anggota untuk mengakses jadwal latihan, informasi keanggotaan, dan fasilitas fitness kapan saja dan di mana saja. Hal ini tentu akan sangat memudahkan anggota dalam menyesuaikan jadwalnya untuk mengikuti program latihan.
  • Personalisasi dan Monitoring. Dengan menggunakan aplikasi, pengguna dapat memilih program dan rencana latihan yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan; dapat disesuaikan dengan tujuan dan juga target khusus yang ditentukan. Selain itu monitoring progress dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan hasil pengukuran yang detail seperti berapa kalori yang terbakar, jarak yang ditempuh selama berlari, dll.
  • Tambahan Ilmu. Karena aplikasi juga menyediakan fitur blog berisi konten edukasi seputar kesehatan, gizi dan kebugaran, pengguna dapat lebih terbantu dengan tambahan ilmu dan pemahaman yang lebih baik mengenai gaya hidup sehat.
  • Motivasi. Dengan aplikasi yang memfasilitasi pengguna untuk memantau sejauh mana progress-nya berjalan, tentunya akan membantu pengguna sendiri untuk mempertahankan motivasinya terus berolahraga. Selain itu, aplikasi fitness center sering memiliki fitur notifikasi dan pengingat yang membantu pengguna tetap konsisten dalam menjalani latihan.
  • Dukungan Teknis. Aplikasi menyediakan fitur konsultasi yang dapat digunakan kapan saja pengguna mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan berhubungan dengan latihan kebugaran ataupun seputar kesehatan. Pihak gym biasanya telah bekerja sama ahli untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Kesimpulan

Aplikasi pengelolaan fitness center merupakan salah satu terobosan digital yang digunakan oleh penyedia layanan fitness untuk membantu anggotanya lebih mudah dalam mengakses fasilitas. Tak hanya berisi berbagai fitur untuk memantau kegiatan anggota di gym, aplikasi juga digunakan sebagai wadah saling bertukar pikiran dan menambah ilmu bagi anggotanya.

Tentunya aplikasi yang ada saat ini belum sempurna dan akan terus berkembang. Oleh karena itu partisipasi pengguna dalam memberikan feedback akan sangat berguna bagi penyedia layanan fitness untuk semakin memperbaiki aplikasi dan memberikan layanan bagi anggotanya.

Related Article


...
Bangun Tubuh Ideal Anda

Kaka Karsana

July 12, 2023